Selasa, 14 April 2015

Isem Mu’tal serta perbedaan Antar Maqshur dan Manqush

   
Berbeda dengan fi’il mu’tal, penggunaan istilah isem mu’tal jarang terdengar sehingga sebagian pelajar menganggap tidak ada istilah mu’tal pada isem.
        Isem mu’tal akhir ada tiga macam:
1.   Isem mu’tal akhir yang pada akhirnya ada “Alif” lazimah dan sebelum “alif” berbaris dibawah, dinamakan dengan isem Maqshur.
Contoh:
المصطفى
2.   Isem mu’tal akhir yang pada akhirnya ada “Ya” lazimah dan huruf sebelum “Ya” berbaris kasrah, dinamakan dengan isem Manqush.
Contoh:
المرتقي
3.   Isem mu’tal akhir yang pada akhirnya “Ya” dan huruf sebelum “Ya” berbaris mati. Isem mu’tal ini I’rabnya seperti isem shahih.
Contoh:
   ظبي  + رمي

Melihat defenisi dari isem maqshur dan isem manqush tidak sulit membedakan di antara keduanya karena maqshur akhirnya “alif” dan manqush akhirnya “ya”, tapi masalahnya “alif” diujung isem maqshur sering ditulis dalam bentuk “ya” sehingga tasyabuh dengan isem manqush.
Untuk membedakan diantara keduanya, lihatlah baris huruf sebelum huruf ilat itu, kalau barisnya fatah itu adalah isem maqshur, kalau barisnya kasrah itu adalah isem manqush.
Cara mengetahui baris itu fatah atau kasrah adalah dengan melihat wazannya atau dengan sima’i.

Lihat:
Ibn Aqil, Syarh Ibn Aqil  alaa Al-Fiyah Ibn Malik, dicetak bersama Hasyiyah al-Khadhri, (_____, Daar al-Fikri, t.t), juz, 1. Hal. 49.

وسمّ معتلا ً من الأسماء ما ... كالمصطفى والمرتقى مكارما
فالأوّل الإعراب فيه قدّرا ... جميعه وهو الذي قد قصرا
والثاني منقوصّ ونصبه ظهر ... ورفعه ينوي كذا أيضا يجر


شرع في ذكر إعراب المعتل من الأسماء والأفعال فذكر أن ما كان مثل المصطفى والمرتقي يسمى معتلا وأشار بالمصطفى إلى ما في آخره ألف لازمة قبلها فتحة مثل عصا ورحى وأشار بالمرتقي إلى ما في آخره ياء مكسور ما قبلها نحو القاضي والداعي ثم أشار إلى أن ما في آخره ألف مفتوح ما قبلها يقدر فيه جميع حركات الإعراب الرفع والنصب والجر وأنه يسمى المقصور
فالمقصور هو: الاسم المعرب الذي في آخره ألف لازمة
وأشار بقوله والثاني منقوص إلى المرتقي
فالمنقوص هو: الاسم المعرب الذي آخره ياء لازمة قبلها كسرة نحو المرتقي فاحترز بالاسم عن الفعل نحو يرمي وبالمعرب عن المبني نحو الذي وبقولنا "قبلها كسرة" عن التي قبلها سكون نحو ظبي ورمي فهذا معتل جار مجرى الصحيح في رفعه بالضمة ونصبه بالفتحة وجره بالكسرة

“Mushannif memasuki dalam penjelasan isem mu’tal dan fi’il mu’tal maka mushannif menjelaskan bahwa isem sepert “al-Mushthafa” dan “al-Murtaqi” dinamakan isem mu’tal. “al-Mushthafa” merupakan isyarah untuk isem yang diakhirnya ada “alif” lazimah yang sebelumnya berbaris fatah seperti “’Ashaa” dan “Ruhaa”. “al-Murtaqi” merupakan isyarah untuk isem-isem yang di akhirnya ada “ya” dan sebelumnya berbaris kasrah seperti “al-Qadhi” dan “ad-Da’I”. kemudian mengisyarahkan bahwa isem yang huruf terakhirnya alif yang sebelumnya berbaris fatah semua harkat I’rabnya ditakdirkan dan isem itu dinamakan isem maqshur.

Maka isem maqshur adalah isem mu’rab yang diakhirnya ada alif lazimah.

Kata mushannif “ wa at-Tsani Manqush” merupakan isyarah kepda “al-Murtaqi”.


Maka isem manqush adalah isem mu’rab yang diakhirnya ada “ya” lazimah yang huruf sebelumnya berbaris kasrah seperti “al-Murtaqi”. Kata al-Ismu untuk menghindari al-Fi’li seperti “yarmi”, kata al-Mu’rab untuk menghindari al-mabni seperti al-lazi, kata qablaha kasrah untuk menghindari isem yang diakhirnya ada ya lazimah tapi sebelum ya berbaris mati seperti zhabyi dan ramyi, keduanya merupakan mu’tal yang I’rabnya sama seperti isem shahih.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close