Selasa, 05 Desember 2017

TERJEMAHAN DAN I’RAB KITAB AWAMEL VERSI DAYAH ACEH (BAGIAN 7)





BAHAGIAN (NA’U) KELIMA


وَ النَّوْعُ  الْخَامِسُ حُرُوْفٌ تَنْصِبُ الْفِعْلَ الْمُضَارِعَ وَ هِيَ أَرْبَعَةُ أَحْرُفٍ
Terjemahan :
Dan (bermula) bagian yang kelima (itu) beberapa huruf yang menashab ia (beberapa huruf) (akan) fi’il yang mudhari’. Dan (bermula) dianya (huruf yang menashab fi’il mudhari’) (itu) empat segala huruf.

I’rab :
وَ          : Huruf  Isti'naf
النَّوْعُ    : Mubtada’. Hukum mubtada’ marfu’. Alamat rafa’ dhammah yang dhahir pada akhirnya, karena isem mufrad. Hukum isem mufrad dirafa’ dengan dhammah, dinashab dengan fatah dan dijar dengan kasrah.
النَّوْعُ    : Maushuf.
 الخَامِسُ          : Disifatkan kepada AN-NAW’U. Hukum sifat mengikuti mausuf, disifat kepada yang marfu’, marfu’. Alamat rafa’ dhammah yang dhahir pada akhirnya, karena isem mufrad. Hukum isem mufrad dirafa’ dengan dhammah, dinashab dengan fatah dan dijar dengan kasrah.
حُرُوْفٌ  : Khabar mubtada’. Hukum khabar mubtada marfu’. Alamat rafa’ dhammah yang dhahir pada akhirnya, karena jama’ taksir. Hukum jamak taksir dirafa’ dengan dhammah, dinashab dengan fatah dan dijar dengan kasrah.
 تَنْصِبُ : Fi’il mudhari’ ma’ruf yang muta’addi dan marfu’ karena sunyi dari pada amil naashib dan amil jaazim. Alamat rafa’ dhammah yang dhahir pada akhirnya. Karena fi’il mudhari’ shahih akhir. Hukum fi’il mudhari’ shahih akhir dirafa’ dengan dhammah, dinashab dengan fatah dan dijazam dengan sukun. Tugas fi’il ma’ruf yang muta’addi merafa’ fa-il dan menashab maf’ul. Fa-ilnya dhamer yang ada didalamnya. Takdirnya HIA.

الفِعْلَ   : Maf’ul. Hukum maf’ul manshub. Alamat nashab fatah yang dhahir pada akhirnyan, karena isem mufrad. Hukum isem mufrad dirafa’ dengan dhammah, dinashab dengan fatah dan dijar dengan kasrah.
الفِعْلَ   : Maushuf.
 المُضَارِعَ         : Disifatkan kepada الفِعْلَ. Hukum sifat mengikuti mausuf, disifat kepada yang manshub, manshub. Alamat nashab fatah yang dhahir pada akhirnya, karena isem mufrad. Hukum isem mufrad dirafa’ dengan dhammah, dinashab dengan fatah dan dijar dengan kasrah.

وَ          : Huruf isti’naf.
هِيَ      : Isem dhamer mufradah ghaibah. Dibina atas fatah pada mahal rafa’, mubtada’.
أَرْبَعَةُ   : Khabar mubtada’. Hukum khabar mubtada marfu’. Alamat rafa’ dhammah yang dhahir pada akhirnya, karena isem mufrad. Hukum isem mufrad dirafa’ dengan dhammah, dinashab dengan fatah dan dijar dengan kasrah.
أَرْبَعَةُ    : Mudhaf
اَحْرُوْفٍ   : Mudhaf  Ilaih. Hukum mudhaf ilaih majrur dengan mudhaf. Alamat jar kasrah    yang dhahir pada akhirnya. Karena jamak taksir. Hukum jama’ taksir dirafa’ dengan dhammah, dinashab dengan fatah dan dijar dengan kasrah.

أَنْ وَ لَنْ وَ كَيْ وَ إِذًا
Terjemahan :
(Mana-mana empat huruf) أَنْ  (bahwa) dan لَنْ (tidak akan) dan كَيْ (supaya) dan إِذًا (ketika itu).

I’rab :
أَرْبَعَةُ    : Mubdal minhu

أَنْ  - إِذَنْ : Isem ‘ALAA SABILIL HIKAYAH. Dibina atas MAA KAANA ‘ALAIHI pada mahal rafa’ dibadal kepada أَرْبَعَةُ.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close