Senin, 22 Januari 2018

JUMLAH WANITA YANG DIPINANG RASULULLAH. SAW

          
Rasulullah. Saw adalah manusia paling mulia yang pernah terlahir kedunia bahkan beliau adalah makhluk yang paling utama dari semua makhluk yang diciptakan oleh Allah. Swt. Sebagai manusia beliau hidup sebagaimana layaknya manusia selama tidak meruntuhkan martabat kenabian. Beliau makan ketika lapar, minum ketika haus, menderita sakit, tidur dan menikah.
        Dalam persoalan nikah beliau memiliki khususiyah yang hukumya berbeda dengan kita sebagai ummatnya. Bila kita sebagai ummat hanya boleh memiliki empat istri tapi beliau dibolehkan menikahi wanita sebanyak yang beliau mau tidak ada batasan untuk jumlah istri Rasulullah. Saw.
        Lalu berapa orang wanita yang pernah dipinang, dinikahi, dan dithalaq oleh Rasulullah. Saw?. Berikut ini adalah tabel wanita-wanita yang pernah dipinang oleh Rasulullah. Saw.

Status Wanita
Jumlah
Keterangan
Dipinang
30 Orang

Dinikahi
15 Orang

Dijima’
13 Orang

Tiada dijima’
2 Orang

Dikumpulkan
11 Orang

Ditinggal Wafat
9 Orang

Wafat Sebelum Rasul Wafat
2 Orang

Dithalak Sebelum Dukhul
2 Orang

Tidak dinikahi


Al-Ayyam an-Nadhrah Fii As-Sirah Al-Ithrah, juz. 2, hal. 10.
LIhat Hasyiyah Al-Bujairimi Alaa al-Khatib, juz. 1, hal. 12.
مَبْحَثُ عَدَدِ أَوْلَادِهِ وَأَزْوَاجِهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَوْلُهُ: (وَأَزْوَاجِهِ) قَالَ النَّوَوِيُّ فِي تَهْذِيبِهِ، عَنْ قَتَادَةَ: «تَزَوَّجَ النَّبِيُّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - خَمْسَ عَشْرَةَ امْرَأَةً، وَدَخَلَ بِثَلَاثَ عَشْرَةَ، وَجَمَعَ بَيْنَ إحْدَى عَشْرَةَ، وَتُوُفِّيَ عَنْ تِسْعٍ» ، وَنَظَمَهَا بَعْضُهُمْ فَقَالَ:
تُوُفِّيَ رَسُولُ اللَّهِ عَنْ تِسْعِ نِسْوَةٍ ... إلَيْهِنَّ تُعْزَى الْمَكْرُمَاتُ وَتُنْسَبُ
فَعَائِشَةٌ مَيْمُونَةُ وَصَفِيَّةٌ ... وَحَفْصَةُ تَتْلُوهُنَّ هِنْدٌ وَزَيْنَبُ
جُوَيْرِيَةُ مَعَ رَمْلَةٍ ثُمَّ سَوْدَةٍ ... ثَلَاثٌ وَسِتٌّ ذِكْرُهُنَّ مُهَذَّبُ

وَهِنْدٌ هِيَ أُمُّ سَلَمَةَ وَرَمْلَةُ هِيَ أُمُّ حَبِيبَةَ، وَعَدَّ الدِّمْيَاطِيُّ فِي السِّيرَةِ مَنْ دَخَلَ بِهَا أَوْ طَلَّقَهَا قَبْلَ الدُّخُولِ، أَوْ خَطَبَهَا وَلَمْ يَعْقِدْ عَلَيْهَا فَبَلَغَ مَجْمُوعُ ذَلِكَ ثَلَاثِينَ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close