Minggu, 04 Februari 2018

KHASIAT AIR BEKASAN WUDHU’


        Salah satu hal yang sunat dilakukan oleh orang yang berwudhu’ adalah meminum air sisa wudhu’. Air bekasan wudhu’ ada dua macam:
1.   Air yang tersisa dalam wadah setelah digunakan untuk berwudhu’ (sisa air ini belum terpakai).
2.   Air yang tertampung dari basuhan-basuhan wudhu’.
Kedua macam air bekasan wudhu’ ini memilik khasiat bila diminum. Khasiatnya adalah untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam fath al-Mu’in disebutkan:
) وشربه ) من ( فضل وضوئه ) لخبر إن فيه شفاء من كل داء
Dan sunat meminum air bekasan wudhu’ karena ada hadis yang menyatakan bahwa meminum sisa wudhu’ dapat menyembuhkan segala penyakit.
        Di antara hadis yang menunjukkan sunat meminum air sisa wudhu’ adalah:
أَخْبَرَنَا أَبُو دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ سَيْفٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَتَّابٍ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِي حَيَّةَ، قَالَ: رَأَيْتُ عَلِيًّا رَضِيَ اللهُ عَنْهُ تَوَضَّأَ ثَلاَثًا ثَلاَثًا، ثُمَّ قَامَ فَشَرِبَ فَضْلَ وَضُوئِهِ وَقَالَ صَنَعَ رَسُولُ اللهِ  صلى الله عليه وسلم  كَمَا صَنَعْتُ
“Telah mengabarkan kepada kami Abu Daud Sulaiman bin Saif dia berkata; telah menceritakan kepada kami Abu 'Attab berkata; telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Abu Ishaq dari Abu Hayyah, dia berkata: "Aku Melihat Ali Radliyallahu'anhu berwudlu tiga kali-tiga kali, kemudian berdiri dan meminum air sisa wudlunya, dan berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan, seperti yang ku lakukan sekarang."

Lihat :
Fath al-Mu’in, juz. 1, hal. 96.

Ad-Daakhirah al-‘Uqba Fii Syarh al-Mujtaba, juz. 2. Hal. 478.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar