Sabtu, 23 Juni 2018

PENTINGNYA ILMU MANTIQ


          Salah satu cabang ilmu yang sangat penting untuk dikuasai oleh setiap manusia adalah ilmu mantiq, sebuah cabang ilmu yang menyelamatkan manusia sebagai makhluk berpikir dari kesalahannya dalam mengaplikasikan pikiran.
        Ada dua kelebihan fitrah utama yang dimiliki oleh makhluk yang bernama manusia:
1.   Kemampuan berbicara
Manusia diciptakan oleh Allah dengan fitrah kemampuan berbicara dan Allah menjadikan lidah sebagai alat untuk mengaplisikan kemampuan berbicaranya. Namun realitasnya manusia sering keliru dalam berbicara sehingga mereka membutuhkan pendukung lainya agar ia mampu berbicara sesuai dengan aturan sebuah bahasa.
a.   Memerlukan guru untuk melatihnya.
b.   Memerlukan qaidah dan tata bahasa untuk menjadi rujukan agar pembicaraannya sesuai dengan aturan bahasa.
2.   Kekuatan berpikir
Manusia diciptakan oleh Allah dengan fitrah kemampuan untuk berfikir. Namun realitasnya banyak sekali manusia yang salah dalam menggunakan pikirannya dan mengambil kesimpulan yang salah sehingga menimbulkan kekacauan dalam peradaban manusia.
Karena itulah manusia sangat penting untuk menguasai ilmu mantiq agar mampu berpikir dengan benar, mengambil kesimpulan yang benar sehingga peradaban mereka menjadi mulia dan kehidupan mereka menjadi sejahtera.
Para pakar mengatakan bahwa ilmu mantiq adalah perisai yang melindungi manusia dari kesalahan berpikir dan ilmu mantiq adalah penuntun manusia agar bisa berpikir dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar