Sabtu, 15 September 2018

DOWNLOAD URAIAN I'TIQAD LIMA PULUH LENGKAP DENGAN DALIL PENDEKNYA



I’TIQAD LIMA PULUH
SERTA DALIL PENDEKNYA
(Disusun Oleh Tgk. Taufiq Yacob, S.Pd.I)

I’tiqad lima puluh itu adalah 20 sifat yang wajib pada Allah, 20 sifat yang mustahil  pada Allah, 1 sifat yang harus pada Allah, 4 sifat yang wajib pada semua rasul, 4 sifat yang mustahil pada semua rasul dan 1 sifat yang harus pada semua rasul.
        Wajib yang dimaksud pada sifat Allah dan semua rasul adalah sifat-sifat yang mesti ada pada mereka menurut akal sehat. Mustahil yang dimaksud pada sifat-sifat Allah dan segala rasul adalah sifat-sifat yang tidak mungkin ada pada mereka menurut akal sehat dan harus yang dimaksud pada sifat Allah dan sifat semua rasul adalah sifat-sifat yang tidak mesti ada dan tidak mesti tiada pada mereka menurut akal sehat.
        Sifat-sifat yang wajib pada Allah dan sifat-sifat yang mustahil pada Allah sangatlah banyak dan tidak terbatas jumlahnya karena semua sifat kesempurnaan wajib ada pada Allah. Swt dan semua sifat kekurangan mustahil ada pada Allah. Swt. Namun kita tidak diwajibkan untuk mengetahui semuanya secara rinci, kita hanya diwajibkan untuk mengimaninya secara umum. Kita wajib menyakini semua sifat kesempurnaan wajib ada pada Allah dan kita wajib menyakini semua sifat kekurangan mustahil ada pada Alah. Swt. Keyakinan semacam ini dinamakan iman ijmali.
        Dari sekian banyak sifat yang wajib pada Allah, ada dua puluh sifat yang merupakan sifat-sifat induk dan dalilnya sangat terang. Dua puluh sifat inilah yang wajib kita kita ketahui dan kita yakini secara rinci lengkap dengan dalil pendeknya masing-masing.
        Dari sekian banyak sifat-sifat yang mustahil  pada Allah, ada dua puluh sifat yang merupakan sifat induk dan dalilnya sangat jelas. Dua puluh sifat inilah yang wajib kita ketahui dan kita yakini secara rinci lengkap dengan dalil pendeknya masing-masing.
        Berikut adalah uraian I’tiqad lima puluh lengkap dengan dalil pendeknya masing-masing semoga menjadi bekal bagi kita semua untuk mentashhihkan iman kita.
1 dan 2. Allah wajib wujud dan mustahil ‘adam. Maksudnya kita wajib menyakini seyakin-yakinnya bahwa Allah itu ada dan tidak mungkin tidak ada. Dalil pendeknya secara akal adalah adanya makhluk berupa alam semesta karena tidak mungkin alam ini ada tanpa adanya Allah sang pencipta. Dalam al-qur’an surah thaha ayat ke 14 Allah. Swt berfirman : 
 إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي   
Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, Maka sembahlah aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.
          Sifat wujud du dinamakan sifat nafsiah
3 dan 4. Allah wajib qidam dan mustahil hudus. Maksudnya kita wajib menyakini seyakin-yakinnya bawha wujud Allah itu qidam tidak ada permulaan dan mustahil wujud Allah itu baharu ada permulaan. Dalil pendeknya secara akal adalah tidak mungkin wujud Allah itu ada permulaan karena semua yang ada permulaan pasti ada penciptanya sedangkan wujud Allah itu ada tanpa pencipta. Dalam al-Qur’an surah al-Hadid ayat : 3 Allah berfirman:
هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ 
Dialah yang Awal dan yang akhir yang Zhahir dan yang Bathin dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.

SELENGKAPNYA SILAKAN DOWNLOAD:

VIDEO URAI'AN I'TIQAD LIMA PULUH LENGKAP DENGAN DALIL PENDEKNYA. SILAKAN LIHAT:
DI SINI
SEMOGA BERMANFAAT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar