Senin, 04 Mei 2020

ILMU FARDHU A'IN: HUKUM-HUKUM AGAMA ISLAM




            Hukum dalam Agama Islam ada lima macam. Seluruh perbuatan mukallaf apapun bentuknya, di manapun terjadi dan kapanpun terjadinya tidak terlepas dari lima macam hukum ini.

1.      Wajib/Fardhu
Pengertian wajib/fardhu adalah perbuatan yang mendapatkan pahala bila dikerjakan dan mendapatkan dosa/siksaan bila tidak dikerjakan. Contoh perbuatan wajib adalah shalat lima waktu, salat jum’at, salat nazar, puasa di bulan Ramadhan, puasa kafarah, puasa nazar, zakat binatang ternak, zakat emas dan perak, zakat perniagaan, zakat tambang, zakat buah-buahan, zakat biji-bijian, haji dan umrah kali pertama, menjawab salam, belajar ilmu agama, dan lain sebagainya.
2.      Sunnah
Pengertian sunnah adalah perbuatan yang medapat pahala bila dikerjakan dan tidak berdosa bila tidak dikerjakan.
Contoh perbuatan sunnah adalah salat sunat fajar, semua salat sunat rawatib, salat sunat dhuha, salat sunat witir, salat sunat tahajud, salat sunat tahiyatul masjid, puasa hari Arafah (tanggal 9 Zulhijjah), puasa hari Asyura (tanggal 10 Muharram), Puasa senin kamis, puasa Daud, sedekah untuk pembangunan masjid, sedekah untuk mejelis zikir, sedekah untuk mejelis ta’lim, mandi untuk pergi kemesjid hari jum’at, mandi pagi dua hari raya, bersugi, memberi salam dan lain sebagainya.
3.      Haram
Pengeritan haram adalah perbuatan yang berdosa bila dikerjakan dan berpahala bila ditinggalkan.
Contoh perbuatan haram adalah berzina, mencuri, mengkonsumsi narkoba, korupsi, sogok menyogok, membunuh, memfitnah, melakukan transaksi riba, curang dalam perdagangan, curang dalam pengadilan, mendhalimi orang lain, durhaka pada orang tua, durhaka pada guru dan lain sebagainya.

4.      Makruh
Pengertian makruh adalah perbuatan yang mendapat pahala bila ditinggalkan dan tidak berdosa bila dikerjakan.
Contoh perbuatan makruh adalah makan sambil berdiri, tidur setelah salat subuh sebelum terbit matahari, makan dengan tangan kiri, masuk masjid dengan kaki kiri, keluar masjid dengan kaki kanan, masuk wc dengan kaki kanan, keluar wc dengan kaki kiri,  dan lain sebagainya.
5.      Mubah
Pengertian mubah adalah perbuatan yang tidak berdosa dan tidak berpaha bila dikerjakan dan tidak berdosa dan tidak berpahala bila tidak dikerjakan.
Contoh perbuatan mubah adalah makan, minum, tidur, mandi harian, jalan-jalan, tertawa, menangis dan lain sebagainya.

SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar