Sabtu, 13 Juni 2020

EMPAT TEMPAT SUNAT MENGANGKAT TANGAN DALAM SALAT

            Shalat yang merupakan ibadah utama umat Islam tersusun dari tiga kerangka utama, yaitu Qalbiyah, Qauliyah dan Fi’liyah. Tiga kerangka utama shalat ini disebut dengan sifatus shalat atau arkanus shalat. Rukun-rukun fi’li dalam shalat merupakan rukun yang paling banyak jumlahnya bila dibandingkan dengan dua macam rukun lainnya (Qalbi dan Qauli) dan merupakan rukun yang paling Nampak pada semua jenis salat.
Perpindahan dari satu rukun fi’li ke rukun fi’li lainnya dipisahkan dengan takbir intiqalat kecuali pada perpindahan dari ruku’ ke I’tidal yang dibaca adalah “sami’allahu liman hamidah” karena ada kisah menarik yang menjadi sebabnya. Silakan baca kisahnya dalam artikel kami: Histori Sami'allahu Liman Hamidah
            Perpindahan dari rukun fi’li ke rukun fi’li yang dipisahkan dengan zikir intiqalat terjadi enam kali pada raka’at yang ada tasyahud bukan terakhir dan lima kali pada raka’at yang lain. Dari enam/lima kali intiqal (perpindahan) disunnahkan untuk mengangkat tangan pada tiga tempat dan ditambah dengan satu tempat lainya sehingga menjadi empat tempat, yaitu:
1.      Ketika takbiratul Ihram, dimulai bersamaan dengan permulaan takbir dan berakhir bersamaan dengan berakhirnya takbir.


2.      Ketika berpindah dari berdiri ke ruku’, dimulai bersamaan dengan permulaan turun ke ruku’ dan diikhiri bersamaan dengan sampai ke ruku’.


3.      Ketika bangkit dari ruku’ ke I’tidal, dimulai bersamaan dengan permulaan bangkit dan diakhiri bersamaan dengan permulaan tegak berdiri pada I’tidal.
4.      Ketika bangkit dari duduk tasyahud keraka’at selanjutnya, dimulai ketika sampai pada batas minimal ruku’ dan diakhiri bersamaan dengan berdiri tegak.
Tidak dianjurkan mengangkat tangan ketika turun dari I’tidal keruku’, ketika bangkit dari sujud ke duduk antara dua sujud, ketika bangkit dari sujud ke raka’at yang lain dan ketika bangkit dari sujud ke duduk tasyahud.


Referensi, lihat: Nail Ar-Raja Syarh Safinah An-Naja’, hal. 90 – 91.

Kitab Nailu Ar-Raja Bi Syarh Safinah An-Naja Pdf di : DOWNLOAD
Wallahu A’lam Bi As-Shawab Wal Hamdulillahi Rabbil ‘Alamin
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar