Senin, 08 Juni 2020

SEPULUH SUNNAH UTAMA DALAM AGAMA


Ada sepuluh macam yang merupakan sunnah-sunnah utama dalam agama yang diistilahkan dengan “al-Fithrah”. Tentang al-Fitrah (Sunnah-sunnah utama dalam beragama) disebutkan dalam hadis melalui beberapa riwayat. Ada riwayat yang menyebutkan lima macam dan ada juga riwayat yang menyebukan lima macam. Para ulama menyimpulkan bahwa sepuluh macam ini adalah garis besarnya saja bukan jumlah pasti secara rinci karena secara rinci (tafshili) jumlahnya bukan hanya sepuluh ini saja.

1. Al-Mudhmadhah (berkumur-kumur)
Al-Mudhmadhah adalah membersihkan mulut dengan air dan termasuk dalam salah satu sunnah wudhu’.

2. Al-Istinsya’ (membersihkan hidung dengan air)
Al-Istinsya’ adalah membersihkan bagian dalam hidung dengan cara memasukkan air kedalamnya dan istinsya’ termasuk dalam salah satu sunnah wudhu’ juga.

3. Bersugi (siwa’)
Berugi atau sikat gigi merupakan sunnah yang sangat utama dalam agama sehingga rasulullah. Saw bersabda:
“Seandainya tidak memberatkan umat sungguh aku wajibkan mereka untuk bersugi di setiap kali salat.” (H.R. Bukhari).

4. Menggunting kumis
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Zaid bin Arqam Rasulullah. Saw bersabda “Barang siapa yang tidak mencukur kumisnya maka ia tidak termasuk dalam golongan kami.” (H.R. Tirmizi).
Sunnah rasulullah. Saw berkenaan dengan perlakuan terhadap kumis bukan mencukurnya sampai habis akan tetapi mengguntingnya sehingga kedua bibir dapat terlihat dan tidak tertutup dengannya.

5. Memelihara janggut
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Ibni Umar bahwa Rasulullah. Saw bersabda “Bedakan diri kalian dari orang-orang musyrik. Guntinglah kumis dan peliharalah janggut.” (H.R. Bukhari).
Bagi kaum lelaki dianjurkan untuk memelihara Janggut. Sedangkan bagi wanita apabila mereka memiliki janggut dianjurkan untuk dicukur.
Memelihara janggut boleh dilakakun dengan salah satu dari dua macam cara yaitu membiarkan janggut tumbuh apa adanya atau memotongnya di bawah genggaman tangan.

6. Memotong kuku
Dianjurkan untuk selalu memotong kuku dari jari-jari tangan dan jari kaki. Sunnah ini berlaku untuk laki-laki, perempuan dan khunsa.

7. Membersihkan buku-buka jari
Membersihkan buku-buku jari sunnah dilakukan kapan dan di mana saja, bukan hanya ketika berwudhu’ karena pada buku-buku jari sangat berpotensi melekatnya kotoran.

8. Mecabut bulu ketiak atau mencukurnya

9. Mencukur bulu pada kemaluan baik laki-laki maupun perempuan
10. Isntinja’ dengan air

11. Khitan
Khitan pada laki-laki adalah memotong kulit di ujung zakar (kuluf) sehingga terlihat seluruh kepala zakar. Sedangkan khitan pada perempuan adalah memotong sedikit kulit pada ujung klistoris.

12. Memakai wangi-wangian.

Demikianlah sunnah-sunnah utama dalam agama. Wallahu A’lam Bi As-Shawab.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar