Kamis, 02 April 2015

HUKUM SALAM PEREMPUAN KEPADA LELAKI AJNABI


Perempuan yang tidak berpotensi menimbulkan syahwat, sunat memberi salam kepada lelaki ajnabi dan wajib menjawab salam laki-laki ajnabi.

Wanita yang masih berpotensi menimbulkan syahwat haram menjawab dan memulai salam lelaki ajnabi dan lelaki ajnabi makruh meberi dan menjawab salam wanita muda itu.

Lelaki ajnabi makruh memberi salam dan menjawab salam wanita yang masih berpotensi menimbulkan syahwat.
Lihat:
Ibnu Hajar al-Haitami, Tufhah al-Muhtaj fii Syarh al-Minhaj, (Bairut: Daar Ihya at-Turats al-Arabi, t.t), Juz, 9, hal. 223.

Zainuddin al-Malibary, Fath al-Mu’in bi Syarh Qurat al-Ain bi Muhiimmat ad-Diin, (Bairut: Dar Ibn Hazm, t. t.), hal. 595.

Sulaiman bin Umar al-Jamal, Hasyiyah al-Jamal Alaa Fath al-Wahab, (- Daar al-Fikri, t.t), juz, 5, hal. 188.
وَدَخَلَ فِي قَوْلِي: مَسْنُونٌ سَلَامُ امْرَأَةٍ عَلَى امْرَأَةٍ أَوْ نَحْو مَحْرَمٍ أَوْ سَيِّدٍ أَوْ زَوْجٍ، وَكَذَا عَلَى أَجْنَبِيٍّ وَهِيَ عَجُوزٌ لَا تُشْتَهَى، وَيَلْزَمُهَا فِي هَذِهِ الصُّوَرِ رَدُّ سَلَامِ الرَّجُلِ، أَمَّا مُشْتَهَاةٌ لَيْسَ مَعَهَا امْرَأَةٌ أُخْرَى فَيَحْرُمُ عَلَيْهَا رَدُّ سَلَامِ أَجْنَبِيٍّ وَمِثْلُهُ ابْتِدَاؤُهُ، وَيُكْرَهُ لَهُ رَدُّ سَلَامِهَا وَمِثْلُهُ ابْتِدَاؤُهُ أَيْضًا،
Dan masuk dalam perkataan saya disunnahkan salam perempuan kepada perempuan atau kepada seumpama mahram atau said atau suami. Dan demikian pula kepada lelaki ajnabi sedangkan si wanita itu telah tua tidak lagi berpotensi menimbulkan syahwat dan perempuan itu dalam shurah ini wajib menjawab salam lelaki ajnabi.
Adapun wanita yang masih berpotensi menimbulkan syahwat yang tidak ditemani oleh wanita lain maka haram menjawab salam lelaki ajnabi, juga haram memberi salam kepada lelaki ajnabi.

Lelaki ajnabi makruh memberi salam dan menjawab salam perempuan yang masih berpotensi menimbulkan syahwat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close