Kamis, 10 November 2016

ISEM JAMA’, JAMA’ DAN ISEM JENIS JAM’I


        Ada tiga macam istilah dalam ilmu Nahwu yang sangat mirip dan maknanya juga hampir sama, namun sebenarnya ketiga istilah itu adalah berbeda:
1.   Isem jama’
Isem jama’ adalah lafadh yang menunjukkan kepada afrad yang banyak di mana masing-masing afrad merupakan juzu’ dari kulli yang merupakan madlul lafadh tersebut. Isem jama’ adalah lafadh mufrad sehingga tidak ada lafadh lain sebagai mufradnya.
        Defenisi lain isem jama’ adalah:
“Lafadh yang menunjukkan kepada makna jama’ dan dia tidak memiliki mufrad dari lafadhnya atau ia punya lafadh mufrad tapi isem jama’ itu bukanlah wazan jama’nya.
Contoh:
قوم      : Kaum
جماعة   :  Jama'ah
Kedua lafadh tersebut adalah mufrad, tapi maknanya adalah sekelompok orang (lebih dari dua orang) dan masing-masing dari orang itu adalah juzu’ dari kulli yang bernama kaum atau jama’ah.

2.   Jama’
Jama’ adalah lafadh yang menunjukkan kepada afrad yang banyak di mana masing-masing afradnya gandaan dari satu afrad.
Contohnya:
كتب       :  Banyak kitab
اركان   : Banyak Rukun
Kedua lafadh tersebut menunjukkan kepada kumpulan beberapa afrad di mana antar afrad yang satu dengan afrad lainnya memiliki nama yang sama.

3.   Isem jenis jam’i
Jam’i adalah lafadh mufrad yang menunjukkan kepada mahiyah di mana mahiyah itu adalah jenis yang di dalamnya terdapat banyak afrad. Ta marbuthah dijadikan sebagai pembeda antara jam’I dan mufradnya.
Contoh:
تمر       : jenis kurma
تمرة       : Satu kurma
 كلم     : Jenis kalimat

كلمة     : satu kalimat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar