Kamis, 04 Januari 2018

DOWNLOAD KITAB AWAMIL JURJANI + TAHRIRUL AQWAL (I'RAB AWAMIL)


KITAB AWAMIL + TAHRIRUL AQWAL (I'RAB AWAMIL)


Kitab Awamil mi'ah (seratus amil) adalah adalah kitab dasar ilmu nahwu yang telah memberikan  manfaat yang luar biasa. Semua ulama yang alumni Dayah dan semua santri Dayah pasti pernah belajar kitab ini. Kitab ini di Dayah-dayah Aceh dipakai cetakan yang disetai dengan i'rabnya yang bernama Tahrir al-Aqwal.

Kitab Awamil Al-Jurjani adalah kitab kecil yang memuat seratus Amil dalam ilmu Nahwu yang merupakan penentu i'rab dan syakal hurus terakhis dalam setiap kalimat.

Penjelasan kitab ini dimulai dengan pembagian amil kepada dua macam yaitu Amil lafdhi dan amil maknawi.

Amil maknawi hanya dua macam yaitu ibtada' sebagai amil yang bertugas merafa'kan mubtada dan tajarrud sebagai amil yang bertugas merafa'kan fi'il mudhari.

Amil lafdhi terbagi dua yaitu amil lafdhi sama'i dan amil lafdhi qiyasi. Amil lafdhi sama'i ada sembilan puluh satu yang terbagi dalam tiga belas nau' (bahagian) dengan jumlah dan tugasnya masing-masing. Amil lafdhi qiyasi ada tujuh macam.

Sedangkan kitab Tahrir Al-Aqwal fii I'rab Al-Awamil Alaa Awamil Al-Jurjani adalah kitab karangan ulama Aceh yang menjelaskan I'rab setiap kalimat dalam kitab Awamil dan menyebutkan contoh dari penggunaan masing-masing amil beserta I'rabnya.

Berikut adalah tampilan salah satu halaman dari kitab Tahrir Al-Aqwal Fii I'rab Awamil Ala Awami Al-Jurjani:


Silakan Download File PDFnya di link berikut:

           DI SINI 

SEMOGA BERMANFAAT

1 komentar: