Kamis, 28 November 2019

SEMBILAN DEVISI PASUKAN IBLIS UNTUK MENGGODA MANUSIA





            Iblis adalah musuh nyata manusia, ia telah menploklamirkan permusuhannya dengan kita semenjak ia terusir dari surga. Iblis telah bersumpah di hadapan Allah untuk menyesetkan manusia dengan berbagai cara, beragam media dan dari segala penjuru arah.
            Dalam melancarkan aksinya para ulama mengatakan bahwa Iblis memiliki Sembilan devisi pasukan dengan nama dan tugas masing-masing, sebagaimana disebutkan dalam kitab Muraqi Al-Ubudiyah, Syeikh Nawawi Al-Bantani mengutip pernyataan sebagian ulama.

1.      KHANZAB
Defisi ini bertugas mengganggu manusia dalam salatnya, mencampakkan keraguan (waswas) dalam niat, jumlah raka’at dan lain sebagainya.
Dalam sebuah hadis Rasulullah. Saw bersabda:

ذَلِكَ شَيْطَانٌ يُقَالُ لَهُ خَنْزَبٌ إذَا حَسَسْته فَتَعَوَّذْ بِاَللَّهِ مِنْهُ وَاتْفُلْ عَلَى يَسَارِك ثَلَاثًا 
“Demikian itu adalah kerjaan setan bernama Khanzab. Apabila kamu merasakan kehadiriannya maka berlindunglah kepada Allah dan meludahlah kesebelah kiri tiga kali”

2.      WALHAN
Devisi ini bertugas menggoda manusia ketika mereka bersuci, dalam berwudhu’, mandi dan  menyucikan najis sehingga manusia sering mubazir dalam penggunaan air.
Dalam sebuah Hadis Rasulullah bersabda :

إنَّ لِلْوُضُوءِ شَيْطَانًا , يُقَالُ لَهُ وَلْهَانُ , فَاتَّقُوا وَسْوَاسَ الْمَاءِ
“Sesungguhnya tatkala manusia berwudhu’ ada setan di sana yang bernama Walhan. Maka waspadalah dari keraguan dalam menggunakan air”

3.      ZALLANBUR
Devisi ini bertugas menggoda manusia di pasar. Membisikkan kepada penjual berbuat curang untuk mendapatkan keuntungan, seperti bersumpah palsu, memuji barang dagangan dan curang dalam timbangan.

4.      AL-A'WAR
Devisi ini bertugas untuk menjebak manusia dalam perzinaan. Menghias pandangan sehingga yang jelek terlihat cantik, menggerakkan nafsu syahwat dan merangsang hasrat jahat.

5.      AL-WASNAN
Devisi ini bertugas mengintai manusia ketika tidur. Menekan kepalanya sehingga terasa berat dan malas bangun untuk beribadah dan mengikat matanya agar tetap terpejam ketika waktu salat telah tiba. Sedangkan untuk urusan kemaksiatan mereka begitu mudah untuk bangun dengan segera.

6.      TABR
Devisi ini bertugas menggoda manusia saat ditimpa musibah. Digodanya manusia untuk meratap dan menentang takdir Allah ketika ditimpa musibah sehingga mereka melakukan tindakan yang merugikan diri mereka sendiri.

7.      DASIM
Devisi ini bertugas di bidang komsumsi. Makan bersama manusia yang tidak membaca Basmalah sa’at makan, menghuni rumah yang sunyi dari zikir, masuk dalam pakaian yang tidak dilipat, tidur bersama manusia yang tidak membaca zikir sa’at tidur, ikut bersetubuh dengan suami istiri yang tidak menjaga adab sa’at jima’ dan merancang pertengkaran dalam rumah tangga.

8.      MUTAWASITH
Devisi ini bertugas menyebarkan berita hoak dan menciptakan suasana permusahan di antara mansia

9.      AL-ABYADH
Devising ini merupakan pasukan elite. Mereka bertugas menggoda para rasul dan ambiya namun mereka tidak bisa digoda karena mereka ma’sum dari segala dosa. Devisi ini juga bertugas menggoda para aulia agar mereka tersesat jalan dalam ibadanya.

Nonton Videonya di : SINI

Referensi :
Muraqi Al-Ubudiyah, hal. 43 - 44.


SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar