Senin, 02 Desember 2019

4 SUNGAI DALAM SURGA BERASAL DARI 4 KALIMAT BASMALAH



            Banyak Ayat dalam Al-Quran, banyak riwayat di dalam hadis dan sangat sering disampaikan oleh para ulama, bahwa salah satu keindahan surga itu “tajrii min tahtihal anhar” di bawahnya ada aliran beberapa sungai.
            Juga disebutkan di dalam al-Qur’an dan hadis bahwa di dalam surgu itu ada empat sungai dengan air dan rasa berbeda.
1.      Sungai air tawar
2.      Sungai air susu
3.      Sungai air arak
4.      Sungai air madu
Yang sangat menarik, ternyata keempat sungai ini bersumber dari empat kalimat dari “Bismi Allah Ar-rahman Ar-rahiim”.
Dalam kitab “Al-Majalis As-Saniyyah” terdapat sebuah hadis rasulullah. Saw yang menceritakan tentang empat sungai dalam surga yang alirannya berasal dari empat kalimat bismillah. Rasulullah. Saw bersabda:
“Pada malam saya diisra’kan ke langit saya diperlihatkan keseluruhan isi surga, saya melihat di dalamnya ada empat aliran sungai. Sungai air tawar, sungai air susu yang tidak pernah berubah rasanya, sungai air khammar yang sangat lezat untuk semua peminumnya dan sungai air madu yang sangat bersih sebagaima di sebutkan dalam al-Qur’an. Lantas saya bertanya kepada Jibril, kemanakah berakhirnya aliran sungai-sungai ini?. Jibril menjawab, semua sungai-suangai ini bermuara ke kolam Al-Kautsar. Lalu sumbenya dari mana wahai Jibril?, ma’af, saya tidak tahu dari mana sumbernya jawab Jibril.
Lalu Malaikat Jibril berdo’a kepada Allah, tiba-tiba datanglah seorang malaikat memberi salam dan berkata: Pejamkan matamu wahai Muhammad, sayapu memejamkan mata lalu Malaikat itu berkata sekarang buka matamu. Ketika  membuka mata saya sudah berada di bawah sebuah pohon dan saya melihat sebuah kubah yang terbuat dari permata yang putih, kubah ini memiliki satu pintu yang terbuat dari emas merah. Kubah ini sangat besar, seandainya semua isi dunia dari kalangan jin dan manusia di masukkan kedalam kubah ini tak ubahnya laksana seekor burung yang bertengger di atas bukit.
Lalu saya melihat, ternyata keempat aliran sungai berasal dari bawah kubah ini. Ketika saya ingin kembali malaikat itu berkata: kenapa kamu tidak masuk kedalamnya?. Bagaimana saya masuk, pintunya terkunci yang terbuat dari emas
Malaikat itu berkata: Di tanganmu ada kuncinya, yaitu Bismillahirrahmanirrahii” lalu saya mendekati kunci itu dan membaca bimillahirramirrahiim tiba-tiba pintunya terbuka, lalu saya masuk ke dalamnya, saya melihat ternyata keempat sungai tadi keluar dari empat pojok kubah, ketika saya akan keluar dari kubah malaikat itu berkata, sudahkah kamu melihatnya, sudah jawab saya, coba perhatika sekali lagi, tiba-tiba saya melihat pada masing-masing sudut kubah itu ada tulisan Bismillahirrahmanirrahiim, Sungai air tawar keluar dari Mim kalimat bismillah, sungai air susu keluar dari Haa kalimat Allah, sungai air arak keluar dari mim kalimat ar-Rahman dan sungai air madu keluar dari mim kalimat ar-Rahiim. Rupanya keempat sungai itu berasal dari empat kalimat Basmallah.



SEMOGA BERMANFAAT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar