Kamis, 25 Juni 2020

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM TA’ALLUQ SIFAT MA’ANI

Sifat dua puluh sebagai sifat wajib bagi Allah yang wajib diketahui dan diyakini oleh setiap mukalla secara tafshili beserta dalil pendeknya secara logika merupakan pelajaran aqidah permulaan yang dihafal oleh anak-anak muslim di seluruh dunia.

Sifat dua puluh itu terbagi menjadi tiga macam, yaitu sifat nafsiyah, sifat ma’ani dan sifat ma’nawiyah. Dari tiga macam sifat dua puluh ini dua macam diantaranya tidak punya ta’aluq sama sekali yaitu sifat nafsiyah dan sifat ma’nawiyah. Sedangakan sifat-sifat ma’ani yang berjumlah tujuh buah ini enam buah sifat memiliki ta’aluq dan satu tidak punya ta’aluq yaitu sifat Hayah.

Enam buah sifat ma’ani yang punya ta’aluq adalah Qudrah, Iradah, Ilmu, Sama’, Bashar dan Kalam. Qudrah dan Iradah ta’aluq kepada segala yang mumkin, Ilmu dan kalam ta’aluq kepada segala yang wajib, segala yang mustahil dan segala yang ja-iz, sama’ dan bashar ta’aluq kepada segala yang maujud.

Pengertian Ta’alluq
Menurut lughat ta’alluq bermakna lenket, tersangkut dan terhubung. Sedang makna ta’alluq  secara istilah yang dimaksud dalam ilmu Aqidah adalah:
طلب الصفة امرا زائدا على قيامه بالذات
Pengaruh/efek sebuah sifat kepada yang lain di luar zat. Misalnya, sifat Qudrah memiliki efek yang berpengaruh kepada zat yaitu menjadikanya sebagai “Qaadiran” dan juga memiliki pengaruh kepada hal lain di luar zat yaitu dengan Qudrah Allah menciptakan makhluk maka adanya makhluk adalah efek dari sifat Qudrah kepada hal lain di luar zat dan inilah yang dinamakan dengan “Ta’aluq”.


Macam-macam ta’aluq sifat ma’ani
Sifat-sifat ma’ani dari segi ta’aluqnya terbagi menjadi empat macam:
1.        Sifat yang hanya ta’aluq kepada yang mumkin, yaitu: Qudrah dan Iradah.
2.      Sifat yang ta’aluq kepada yang wajib, yang mustahil dan yang harus, yaitu: Ilmu dan Qalam.
3.       Sifat yang ta’aluq kepada segala yang maujud, yaitu: Sama’ dan Bashar.
4.      Sifat yang tidak punya ta’aluq sama sekali, yaitu: Hayah.
Demikianlah penjelasan tentang pengertian dan macam-macam ta’aluq sifat ma’ani.

SEMOGA BERMANFAAT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar