Sabtu, 27 Juni 2020

TUJUH ALASAN IBLIS TIDAK MAU SUJUD KEPADA NABI ADAM. AS


Iblis adalah makhluk yang dikutuk oleh Allah. Swt karena kesombongannya dan melawan perintah Allah. Swt ketika diperintahkan untuk sujud (penghormatan) kepada nabi Adam. As. Dalam al-Qur’an surah al-Baqarah: 43 Allah berfirman:
وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَى وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ
“dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," Maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia Termasuk golongan orang-orang yang kafir.”
            Untuk mempetahankan kesombonganya Iblis berargumentasi dengan mengemakan tujuh alasan:
1.        Aku mengakui bahwa Allah adalah Tuhan yang menciptakan aku dan alam seluruhnya dan Dialah yang maha kuasa. Namun aku heran kenapa Ia menciptakan aku padahal Allah tahu kebaikan dan keburukan yang akan terjadi padaku. Apakah hikmahnya?.
2.      Allah telah menciptakanku dengan kehendak-Nya tapi kenapa aku dipaksa untuk mengenal-Nya dan ta’at kepada-Nya padahal tidak Allah tidak untung dengan ta’atku dan tidak rugi dengan maksiatku. Apa hikmahnya?.
3.       Oke, aku ta’at dan menerima semuanya, lalu kenapa aku diperintahkan untuk bersujud kepada Adam. Apa himahnya?.
4.      Oke, lagi pula kenapa aku diusir dari surge dan mendapatkan kutukan hanya karena aku tidak mau sujud kepada Adam yang juga makhluk seperti aku padahal aku tidak ada kesalahan, aku hanya berkata “aku tidak mau bersujud kepada selain Allah.” Apa hikmahnya?.
5.      Oke, aku sudah diciptakan, disuruh untuk ta’at lalu aku membangkang sehinga aku terusir dari surga dan menjadi makhluk terkutuk, tapi kenapa aku diberi kesempatan untuk masuk lagi surga sehingga aku daptat menyesatkan Adam hingga ia memakan buah terlarang yang menyebabkan ia terusir bersamaku dari surga. Apa hikmahnya?.
6.      Masih ada lagi, kenapa aku diberi kesempatan untuk menyesatkan anak keturunan Adam sehingga sedikit sekali di antara mereka yang selamat dari tipu dayaku. Apa hikmanya?.
7.      Terakhir, kenapa aku tidak langsung dibinasakan tapi malah diberi kesempatan untuk tetap hidup hingga hari kiamat. Apa hikmahnya?.
Semua argument Iblis ini dibantah oleh Allah. Swt bahwa itu hanyalah argument palsu dari Iblis bukan ketulusan yang datang dari lubuk hatinya, kerena sesungguhnya tidak boleh mempertanyakan apapun ketentuan yang telah ditentukan oleh Allah. Swt.
Dalam surah al-Ambiya: 23 Allah. Swt berfirman:
لَا يُسْأَلُ عَمَّا يَفْعَلُ وَهُمْ يُسْأَلُونَ
"Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai."

SEMOGA BERMANFAAT

1 komentar: