Rabu, 06 Mei 2015

QASHAR (MEMENDEKKAN) SALAT QADHA

        Dalam keadaan safir yang mencukupi syarat-syaratnya dibolehkan untuk memendekkan salat empat raka’at menjadi dua raka’at disebut dengan istilah qashar.
        Qashar salat yang dilakukan dalam waktunya (salat ada’/tunai) sudah makruf dan diketahui oleh siapa saja dan tidak ada khilaf ulama padanya. Lalu bagaimana dengan salat qadha’ bolehkah diqasharkan?
        Berbicara tentang qasar shalat qadha’ maka dapat dirincikan sebagai berikut:
1.   Salat yang luput bukan dalam safir dan diqadha bukan dalam safir.
TIDAK BOLEH DIQASHAR
2.   Salat yang luput dalam safir dan diqadha bukan dalam safir.
TIDAK BOLEH DIQASHAR
3.   Salat yang luput bukan dalam safir dan diqadha’ dalam safir.
TIDAK BOLEH QASHAR
4.   Salat yang luput dalam safir dan diqadha dalam safir yang sama.
BOLEH QASHAR.
5.   Salat yang luput dalam safir dan diqadha dalam safir yang lain.
BOLEH QASHAR.
Lihat:
Jalaluddin al-Mahalli, Syarh al-Mahalli Alaa Minhaj at-Thalibiin, (Mustafa al-baabi, 1956), juz, 1. Hal. 255.
(إنَّمَا تُقْصَرُ رُبَاعِيَّةٌ) مِنْ الْخَمْسِ فَلَا قَصْرَ فِي الصُّبْحِ وَالْمَغْرِبِ (مُؤَدَّاةٌ فِي السَّفَرِ الطَّوِيلِ الْمُبَاحِ) أَيْ الْجَائِزِ طَاعَةً كَانَ كَالسَّفَرِ لِلْحَجِّ وَزِيَارَةِ قَبْرِ النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - أَوْ غَيْرَهَا كَسَفَرِ التِّجَارَةِ (لَا فَائِتَةُ الْحَضَرِ) أَيْ لَا تُقْصَرُ إذَا قُضِيَتْ فِي السَّفَرِ (وَلَوْ قَضَى فَائِتَةَ السَّفَرِ) أَيْ أَرَادَ قَضَاءَهَا. (فَالْأَظْهَرُ قَصْرُهُ فِي السَّفَرِ دُونَ الْحَضَرِ) لِأَنَّهُ لَيْسَ مَحَلَّ قَصْرٍ،
“Hanya boleh diqasharkan salat yang empat raka’at dari salat lima waktu , (maka tidak boleh qashar salat subuh dan salat maghrib) yang dilaksanakan secara tunai dalam safir panjang yang mubah baik safir ta’at seperti safir haji dan safir mengziarahi makam Rasulullah. Saw maupun safir bukan ta’at seperti safir untuk berniaga. Tidak boleh diqashar salat yang luput bukan dalam safir dan diqadha dalam safir. Jika salat yang luput dalam safir diqadha dalam safir maka menurut pendapat azhar boleh diqasharkan tidak boleh diqashar salt tersebut bila diqadha dalam bukan safir. Karena tidak lagi berada dalam mahal qashar.”

Khatib Syarbiani, Mughni al-Muhtaj, (Bairut: Daar al-Ma’rifah, 1997), uz,1, hal. 396.
 (وَلَوْ قَضَى فَائِتَةَ السَّفَرِ) الطَّوِيلِ الْمُبَاحِ (فَالْأَظْهَرُ قَصْرُهُ فِي السَّفَرِ) الَّذِي كَذَلِكَ وَإِنْ كَانَ  غَيْرَ سَفَرِ الْفَائِتَةِ

“Bila salat yang luput dalam safir panjang yang dibolehkan maka menurut pendapat azhar boleh diqasharkan bila salat tersebut diqadha dalam safir walaupun bukan safir yang sama.”

4 komentar:

  1. Tgk bgaimna niat nya kalau mau jamak beserta qashar..
    Biar bisa digabungkan sxan diringkas..

    BalasHapus
  2. Niat jamak takdim mesti ada dalam salat pertama (misalnya dalam salat zuhur untuk zama' ashar kepada zuhur)
    Niat jamak takkhir mesti ada dalam waktu yang pertama (misalnya dalam waktu zuhur untuk jama' ashar kepada dhuhur.
    Niat qashar shalat mesti dalam takbiratul ihram salaat yang diqashar.
    Untuk jamak takdim beserta qashar bisa digabungkan niat jama' qashar dalam takbiratul ihram dengan niat "sengaaj saya salat fardhu dhuhur dua raka'at saya qashar serta saya jama' ashar ke dhuhur" pada salat dhuhur yang diqashar dan dijama' dengan ashar.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, saya sdh membaca artkel2 dlm blog ini dn byk manfaat yg didapatkan.syukran, jazakallahul khairr kpd ustaz Tgk.

    Jemput jg ke blog saya dn betulkan jk ada kesilapannya.
    http://fekah.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, saya sdh membaca artkel2 dlm blog ini dn byk manfaat yg didapatkan.syukran, jazakallahul khairr kpd ustaz Tgk.

    Jemput jg ke blog saya dn betulkan jk ada kesilapannya.
    http://fekah.blogspot.com

    BalasHapus

close