Minggu, 19 April 2020

TERJEMAH KHUTBAH KITAB AL-MAHALLI METODE DAYAH ACEH LENGKAP

Diterjemahkan Oleh
Tgk. Taufiq, SPDI
Alumni Dayah Babussalam Al-Hanafiyah Matangkuli

Bismillah Ar-rahman Ar-rahim
Puji syukur kehadirat Allah,
Selawat salam kepada Rasulullah,
Kepada keluarga dan sahabat beliau sekalian.

Dengan berkat rahmat Allah Terjemahan Khutbah Kitab Al-Mahalli telah kami selesaikan dalam tujuh bahagian dan bisa diakses semuanya melalui halaman ini.

Kitab Kanzu Ar-Raaghibiin Syarh Minhaj At-Thalibiin atau lebih dikenal dengan Syarh Al-Mahalli Ala Minhaj At-Thalibiin karangan Imam Jalaluddin Al-Mahalli merupakan salah satu Syarh terbaik dari kitab Minhaj At-Thalibiin karangan Imam An-Nawawi. Banyak sekali kitab para ulama yang mensyarah kitab Minhaj At-Thalibiin seperti Mughni Al-Muhtaj karangan Khatib As-Syarbaini, Nihayah Al-Muhtaj karangan Muhammad Ramli, Tufhah al-Muhtaj karangan Ibnu Hajar Al-Haitami dan masih banyak karangan-karangan ulama lainnya. Kumpulan Syarh Minhat At-Thalibiin bisa didownload di sini: Kumpulan Syarah dan Hasyiyah Kitab Minhaj At-Thalibiiin.

Walaupun banyak syarh-syarh yang lain dengan uraian yang lebih luas dan lengkap namun Kanzu Ar-Raghibiin tetap menjadi induknya Syarh Minhaj sehingga apabila terdapat itlaq kata "As-Syaarih" dalam kitab-kitab syarh Minhaj maksudnya adalah Jalaluddin Al-Mahalli sang penulis Kanzu Ar-Raaghibiiin.

Kitab Kanzu Ar-Raagibiin juga merupakan kitab Fiqh wajib yang dimasukkan dalam kurikulum Dayah di Aceh sebagai pelajaran Fiqih utama untuk santri yang telah memasuki kajian tingkat tinggi (Mulai Kelas V - Seterusnya).

Memahami Khutbah Al-Mahalli merupakan kunci utama yang mesti dikuasai oleh setiap santri yang telah mamasuki dalam kajian Fiqh tingkat tinggi. Tanpa menguasai khutbah Al-Mahalli dengan baik seorang santri tidak mungkin bisa menyerap kandungan isi Kanzu Ar-Raaghibiin  dengan sempurna.

Dengan adanya terjemahan ini semoga bisa membantu para santri yang ingin memahami khutbah Al-Mahalli.

Berikut adalah daftar Masing-masing bahagian dari khutbah Al-Mahalli:


Semoga Bermanfaat

3 komentar:

close